Senin, 31 Mei 2010

AGAR TIDAK PATAH HATI

Patah hati itu sakit, betul gak???

Kadang kala dan sering kali kita tidak siap patah hati. Coz, rasanya sangat menyakitkan! So, kalau kita tidak mau merasakan sakitnya patah hati, simaklah tulisan saya berikut ini.



Banyak hal yang bisa membuat kita patah hati, secara umum yang sering orang sebutkan sebagai penyebab patah hati ada tiga, yaitu wanita, harta dan tahta.

Wanita, harta dan tahta, semua itu urusan dunia. Jika kita terlalu cinta pada ketiganya, atau salah satu dari ketiganya, maka siap-siaplah patah hati.

Cinta pada ketiga hal tersebut adalah hal yang wajar dalam kehidupan kita didunia, coz ketiganya adalah bagian dari kehidupan kita dan sangat kita butuhkan dalam melangsungkan hidup kita. Terkadang kita menjadikan ketiga hal tersebut sebagai tujuan akhir dari hisup kita, kita menjadikan ketiganya sebagai segala-galanya dalam hidup kita.

Padahal kita tahu bahwa dunia ini fana, apa-apa yang ada didunia ini, apa-apa yang kita cintai suatu saat akan meninggalkan kita atau kita yang akan meninggalkan mereka.

Ketika kita jatuh cinta pada wanita, sadarlah bahwa suatu saat dia bisa meninggalkan kita, entah itu karena pergi dengan orang lain atau ajal yang akan memisahkan kita dengannya. Apa lagi ketika kita jatuh cinta pada wanita karena kecantikannya atau karena kemolekan tubuhnya, ingatlah bahwa itu ada masanya, akan ada dimana wanita menjadi jauh berbeda dengan saat kita jatuh cinta padanya. Lihatlah sekeliling kita, bagaimana jadinya wanita yang dulunya molek bin montok setelah melahirkan beberapa orang anak, jauh berbeda saat masih gadis dulu.

Ketika kita jatuh cinta pada harta, ingatlah bahwa harta akan habis, entah karena kita belanjakan, kita berikan ke orang lain atau karena musibah yang dapat melenyapkan semua harta yang kita miliki. Harta bukanlah sesuatu yang abadi, coz harta yang kita miliki pada hakikatnya bukanlah milik kita, tetapi Allah menitipkan harta pada kita lebih banyak dari orang lain.

Ketika kita jatuh cinta pada tahta, ingatlah bahwa kita hanya akan mendudukinya beberapa saat, coz tahta sifatnya temporer, tak bisa kita miliki selamanya. Apalagi tatkala kita dianggap tidak mampu menduduki tahta/jabatan yang kita pegang, atau kita menyalah gunakan tahta / jabatan yang diamanahkan pada kita, maka tahta itu akan hilang lebih cepat dari waktu yang seharusnya.

Oleh karena itu, LETAKKANLAH URUSAN DUNIA DI TANGANMU, BUKAN DIHATIMU. AGAR SAAT KEHILANGAN TIDAK MENYEBABKAN KITA PATAH HATI.

Rasa suka itu normal, cinta itu anugerah... tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Rasa suka dan cinta muncul karena kita hanya mengetahui kebaikan dan kelebihannya, sedang benci muncul karena kita hanya mengetahui kejelekan dan kekurangannya.

Saat kagum, suka dan cinta pada sesuatu, maka carilah kejelekannya. Saat kita membencinya, maka carilah kebaikan dan kelebihannya, sebagai penyeimbang rasa karena kita tidak boleh berlebihan dalam segala hal.

Berfikir positiflah, kalau cinta bertepuk sebelah tangan jangan kandas ditengah jalan, dunia gak sesempit daun kelor, sang idola tak Cuma satu. Saat kita bisa menghadapinya, maka sesuatu yang lebih baiklah yang akan kita dapatkan jauh lebih baik dari yang kita inginkan dulu.

Kita tahu bahwa dunia ini fana, gak akan lama, jika kita memiliki sesuatu maka bersiaplah untuk kehilangan. Segala sesuatu jangan dipikir dengan perasaan agar tak mudah sakit hati. Tapi fikirlah dengan logika atas pertimbangan hati, hal itu akan membuat kita bijaksana!

8 komentar:

Unknown mengatakan...

Cinta merupakan kenyataan semu di alam realitas, selalu berubah seperti pergantian siang dan malam, itulah cinta manusia..

http://celotehalafacebook.blogspot.com/2010/03/kpd-yth-yang-dikhianati-lagi-tersakiti.html

Rinda mengatakan...

wah bgs nie infonya mba lilan ^_^

patah hati emng g enak bgt apalg buat qt kauM hawa, bkiN badaN n ht sqt ^_^

tp mudah2n syapapun yg ptah hTi g lama2 sqt'y n bisa liaT k dpN yg lbh baiK n indah,,amiennn

Alam Yuda mengatakan...

info yang bagus kawan,
hmm, alhamdulillah saya belum pernah patah hati, hehe

Sungai Awan mengatakan...

wah sangat sulit untuk tidak patah hati kawan.
suliiiitttt.....

Diah mengatakan...

Great advice.. Thanks dah sharing,, Jadikan patah hati dorongan dan motivasi kita dan kekuatan untuk tetap tegar dan terus bertumbuh,, memaafkan adalah cara termudah untuk melupakan hal-hal yang menyakitkan,, dan merelakan,, mengikhlaskan nya menjadi bagian dari diri kita.. Kita sempurna karna kita juga memounyai ketidaksempurnaan hehe:D Thanks!

suryadewa mengatakan...

thanks atas inponya yah mba nice share :)

OEN-OEN mengatakan...

hati yang lembek bisa patah juga ya ternyata, hmmm

Anonim mengatakan...

optimis selalu sob...
Zianka - Batik | Bordir Tasikmalaya